MAKALAH PBL BLOK 1 MODUL 2

KOMUNIKASI DAN EMPATI
 
VANIA LEVINA
102011259
KELOMPOK F3


FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS KRISTEN KRIDA WACANA
Jln. Arjuna Utara No. 6 Jakarta 11510. Telephone : (021) 5694-2061, fax : (021) 563-1731
BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang     
Komunikasi menjadi bagian terpenting dalam kemanusiaan seorang individu karena dengan komunikasi ia dapat  menjalin hubungan social dengan orang lain.
Secara etimologis, komunikasi berasal dari bahas latin : communicatio. Istilah ini bersumber dari perkataan “communis” yang berarti “sama”. Sama yang dimaksudkan disini adalah sama makna/arti. Jadi komunikasi terjadi apabila trdapat kesamaan makna mengenai suatu pesan yang disampaikan oleh komunikator (pemberi pesan) dan ditrima oleh komunikan (penerima pesan)1
Pada hakikatnya komunikasi memang merupakan faktor yang sangat penting dalam hub D-P. Faktor ni bahkan dianggap sebagai indikator utama palayanan kesahatan yang berkualitas. Dokter dan pasien akan sama-sama merasa puas bila mereka dapat membangun komunikasi yang baik. Sedemikian penting faktor ini sehingga tidak sedikit pasien yang sembuh sesaat setelah melakukan komunikasi  yang baik dengan dokternya.


BAB II PEMBAHASAN

1.     Identifikasi istilah yang tidak diketahui

Cephalgia : Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala

2.     Rumusan masalah

-          Menangggapi keluhan pasien dengan muka cemberut dan perasaan tersinggung.
-          Pasien menyimpulkan sendiri penyakitnya










































3.1       Komunikasi dan Empati
Empati (dari Bahasa Yunani εμπάθεια yang berarti "ketertarikan fisik") didefinisikan sebagai respons afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain.2
Empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.3

Ø  Dalam berempati, diperlukan upaya dan kemampuan :­ 4
Kognitif : mengerti kebutuhan pasien
Afektif : Peka akan perasaan pasien
Psikomotor : memperlihatkan/menyampaikan empati kepada pasien
Ø  Tingkat/level empati dalam komunikasi4

Level 0 : dokter menolak sudut pandang pasien
Level 1 : dokter mengenal secara sambil lalu
Level 2 : dokter mengenal sudut pandang pasien secara implisit
Level 3 : dokter menghargai pendapat pasien
Level 4 : dokter mengkonfirmasi kepada pasien
Level 5 : dokter berbagi perasaan dan pengalaman dengan pasien

Komunikasi : tingkah laku verbal/nonverbal yang disampaikan seseorang sebagai pemberi pesan kepada orang lainnya sebagai penerima pesan, dengan maksud agar isi pesan dapat mempengaruhi tingkah laku orang yang menerima pesan. ( De Vito Joseph 2002)1
Berdasarkan definisi diatas, komunikasi terbagi atas 2 : Komunikasi verbal dan Komunikasi nonverbal.

3.1.1    Komunikasi verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi menggunakan kata-kata maupun berupa tulisan.
Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa ;

a.       Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
b.      Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif  dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
c.       Intonasi suara: akan mempengaruhi arti pesan  secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya  bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
d.      Humor: dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan  stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan  satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e.       Singkat dan jelas. Komunikasi  akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
f.       Timing (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang  bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.


3.1.2        Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata  dan komunikasi non verbal memberikan arti  pada komunikasi verbal.
Yang termasuk komunikasi non verbal :
a.       Ekspresi wajah  
Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.
b.      Kontak mata, merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi  atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan  bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata  juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya
c.       Sentuhan  adalah bentuk komunikasi personal  mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan  seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang  atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
d.      Postur tubuh dan gaya berjalan. Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
e.       Sound (Suara). Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan  juga salah satu ungkapan  perasaan  dan pikiran  seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi  non verbal lainnya  sampai desis  atau suara  dapat menjadi pesan yang sangat  jelas.
f.       Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi  seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan  selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan  stress  bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress



Dalam komunikasi, khususnya kom.non-verbal, dokter tidak melakukan komunikasi tersebut dengan baik, karena dokter mengekspresikan wajah yang tidak sepantasnya dia berikan untuk pasien.


3.1.3    Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi

Komunikasi sering mengalami gangguan sehingga proses komunikasi tidak seperti yang diharapkan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi komunikasi diantaranya : 5
Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator dengan komunikan maka komunikasi semakin efektif.
Ikatan Kelompok atau Group
Nilai-nilai yang dianut oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara mengamati pesan.
Harapan mempengaruhi penerimaan pesan sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang diharapkan.
Semakin tinggi pendidikan akan semakin kompleks sudut pandang dalam menyikapi isi pesan yang disampaikan.
Situasi
Perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan/situasi. Faktor situasi ini adalah: 6
1.      Faktor ekoligis (iklim atau kondisi alam)
2.      Faktor rancangan dan arsitektural (penaataan ruang).
3.      Faktor temporal, misal keadaan emosi.
4.      Suasana perilaku, misal cara berpakaian dan cara berbicara.
5.      Teknologi.
6.      Faktor sosial, mencakup sistem peran, struktur sosial dan karakteristik sosial individu.
7.      Lingkungan psikososial yaitu persepsi seseorang terhadap lingkungannya.
8.      Stimuli yang mendorong dan memperteguh perilaku.


3.1.4    Hambatan dari Proses  Komunikasi

·        Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi  oleh perasaan atau situasi emosional.
·        Hambatan dalam penyandian/simbol
Hal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti  lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
·        Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi, misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
·        Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
·        Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada  saat menerima /mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
·        Hambatan dalam memberikan  balikan. Balikan yang diberikan tidak menggambarkan apa adanya akan tetapi memberikan interpretatif, tidak tepat waktu atau tidak jelas dan sebagainya.

3.1.4.1  Hambatan Fisik
Hambatan fisik dapat mengganggu komunikasi yang efektif, cuaca gangguan alat komunikasi, dan lain lain, misalnya: gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.


3.1.4.2  Hambatan Semantik.
Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi  kadang-kadang mempunyai  arti mendua yang berbeda, tidak jelas atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima
3.1.4.3  Hambatan Psikologis 
Hambatan psikologis dan sosial kadang-kadang mengganggu komunikasi, misalnya; perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim  dan penerima pesan.

3.1.5    Komunikasi Dokter-Pasien
Bagi Pasien4
Bagi Dokter4
·         Menyampaikan keluhannya
·         Menjekaskan perjalanan penyakitnya
·         Memberi  tahu  riwayat kehidupan pribadi, riwayat keluarga, keh.social
·         Memberi kesempatan kepada dokter untuk memeriksanya
·         Ingin dapat kepastian tentang penyakitnnya
·         Ingin mendapatkan pertolongan, prngobatan agar penyakitnya disembuhkan

·         Membina hubungan (saling menghargai)
·         Berupaya mendapatkan infi tentang keluhan, perjalan panyakit, Memberi  tahu  riwayat kehidupan pribadi, riwayat keluarga, keh.social pasien
·         Melakukan pemerksaan fisik, mental, dan pemeriksaan tambahna lainyang diperlukan
·         Menegakkan diagnosis
·         Membuat prognosis
·         Merencanakan danmemberi terapi
·         Merehabilitasi pasien
Kewajiban Pasien4
Kewajiban Dokter4
·         Memberikan informasi yang jujur
·         Memberikan kesempatan kepada dokter untuk memeriksa fisik dan mental
·         Mematuhi nasihat dokter
·         Mematuhi cara-cara pengobatan
·         Mematuhi syarat-syarat pengobatan
·         Menghormati hak pasien
·         Menjaga rahasia pasien
·         Memberikan info yang berkaitan dengan tindakan medis terttentu yang akan dilakukan
·         Meminta persetujuan atas tindakan medis tertentu yang akan di lakukan
·         Membuat dan memeihara rekam medis
Hak Pasien4
Hak Dokter4
·         Hak akan informasi kondisinya
·         Hak atas rahasia medik
·         Hak untuk persetujuna tindakan medik tertentu
·         Hak untuk memperoleh  pendapat ke-2
·         Hak untuk menolak tindakan medik
·         Hak untuk menghentikan pengobatan
·         Hak atas isi rekam medik
·         Hak unutk memilih dokter
·         Hak untuk meperoleh saranakesehatan
·         Mendapatkan info yang benar
·         Melakukan  pemeriksaan fisik dan mental
·         Menegakkan diagnosis
·         Menyusun prognosis
·         Memberi terapi
·         Merawat dan melakukan rehabilitas
·         Memimpin pelayan kesehatan
·         Mendapatkan honor

Menurut Hie (2003), dokter yang bertugas melayani konsultasi di situs
http: //www.mldi.or.id/, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan
percakapan dokter dengan pasien tidak berjalan dengan baik :

Ø  faktor ekonomi (pembayarannya sama, padahal waktu yang terpakai lama)
Ø  faktor kesombongan dokter yang sering menganggap pasien tidak mengerti apa-apa
Ø  faktor kemampuan komunikasi dokter-pasien
Ø  faktor pasiennya sendiri. Gaya bertanya pasien yang menjengkelkan, padahal mereka tidak mengerti apa-apa.

Hambatan –hambatan lain berupa :4
Ø  Pasien tidak mendengar, tidak mengerti, tidak setuju

Dalam hubugan dokter pasien, diperlukan pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimiliki seorang dokter, yaitu sebagai berikut :7

1.      Pengetahuan ilmu perilaku yang relevan dengan ilmu kedokteran
2.      Kemampuan menilai situasi emosi pasien
3.      Kemampuan dokter untuk mengenal dirinya sendiri sebaik mungkin supaya menghilangkan sikap curiga atau masalah-masalah yang dapat merusak hub D-P
4.      Kemampuan untuk menciptakan iklim yang kondusif dan mencegah kesalahan yang mendasar dalm hub D-P. Untuk itu diperlukan kecerdasan emosi(IQ) yang baik, yang merupakan perpaduan antara ketrampilna inter dan intrapersonal
5.      Mempunyai pengetahuan utuk membedakan faktor somatik dan psikososial
6.      Mengetahui dampak psikologik dari pe,eriksaa dan tindakan terapi yang diberikan pada pasien dan mengadaptasikan teknik tersebut setepat mungkin
7.      Mempunyai pengetahuan yang memadai dalam menciptakan dan membina hubungan yang abaik natra D-P, pasien anak, manula, pasien penyakit kronik, dan pasien yang menderita penyakit stadium terminal, serta bantu mengatasi berbagai masalah dari pasien tersebut

Dalam hubungan kom.D-P, dokter melanggar kewajiban dan hak pasien karena dia tidak memberikan pelayanan yang memuaskan.


3.2            Kepribadian
Kepribadian adalah keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain.8 Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.8
1.      Kepribadian menurut pengertian sehari-hari
Disamping itu kepribadian sering diartikan dengan ciri-ciri yang menonjol pada diri individu, seperti kepada orang yang pemalu dikenakan atribut “berkepribadian pemalu”. Kepada orang supel diberikan atribut “berkepribadian supel” dan kepada orang yang plin-plan, pengecut, dan semacamnya diberikan atribut “tidak punya kepribadian”.9
2.      Kepribadian menurut psikologi
Berdasarkan penjelasan Gordon Allport tersebut kita dapat melihat bahwa kepribadian sebagai suatu organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses. Jadi, kepribadian merupakan sesuatu yang dapat berubah. Secara eksplisit Allport menyebutkan, kepribadian secara teratur tumbuh dan mengalami perubahan.9

Teori kepribadian menurut freud :
-            Id                - Ego               -Superego .

Ø  Id (Biologis)4
-          Lapisan psikis paling dasra yang merupakan keinginan-keinginan tersimpandal psikis seseorang
-          Psikis bayi yang baru lahir terdiri dari Id saja
-          Bahan dasar dari pembentukan psikis lainnya
-          Dikuasai oleh prinsip kesenangan
-          Tidak mengenal waktu dan tidak menurut logiga


Ø  Ego4
-          Lapisan psikis yang mengadakan hubungan langsung dengan dunia luar
-          Terbentuk dengan deferensiansi dari Id karena kontankya dengan dunia luar
-          Dukuasai prinsip realitas, seperti tampak dalam pemikiran yang objektif sesuai dengan tuntutan social dan rasional
-          Bertugas mempertahankan kepribadian dirinya dan juag menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya
-          Akan menyelesaikan pertentangan antara realitas lingkungan dengan keingina0keinginan dalam psikis seseorang

Ø  Superego4
-          Lapisan psikis yang terbentuk dari internalisasi (memasukkan kedalam psikis) larangan-larangan, perintah-perintah, dan aturan-aturan ke dalam psikis seseorang
-          Merupakan dasar hati nurani
-          Beberapa manifestasi yang merupakan akv.superego, misalnya rasa mrnyesal, rasa bersalah, dan rasa berdosa.
-          Pengertian kecerdasan Emotional
-          Gabungan dari semua kemampuan emosional dan kemampuan social untuk menghadapi seluruh aspek kehidupannya
Komponen kecerdasan emosional4
Kesadaran diri
-          Kemampuan mengenali diri sendiri secara menyeluruh dan obyektif
-          Kemampuan mengenali kelebihan dan kekurangan diri secara objektif
-          Kemampuan memantau perasaan diri dari waktu ke waktu
Mengelola emosi
-          Kemampuan menangani perasaan diri sendiri agar terungkap secara tepat, dan mampu mengatasi perasaan hati yagn tidak wajar
Motivasi diri
-          Suatu energi dari dalam diri seseorang yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu kegiatan, karena ingin mencapai tujuan yang dikehendaki atau mendapat keputusan atau perbuatan tersebut
Empati
-          Kemampuan akan perasaan untuk mampu merasakan perasaan orang lainmenurut sudut pandang orang tersebut
Hubungan social
-          Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain secara lancar dan kedua belah pihak merasa nyaman/puas.
-          Kemampuan komunikasi sangat tergatung pada kematangan dan ketrampilan emosional yang lain, yaitu : kemampuan memahami emosi sendiri dan kemampuan berempati

3.3       Analisa transaksionil
Analisa transaksional adalah metode yang menyelidiki hubungan timbal balik antara orang dengan menentukan bagian-bagian apa dari partner-partner hubungan itu bermain.11
-          Teori analisa transaksional menjelaskan bahwa sifat dari sut\atu transaksi ditentukna oleh keadaan ago atau begian ego (ego states) pada saaat tertentu dari orang yang sedang berinteraksi
-          Unsur ego yang melekat dalam diri setiap orang terjadi seumur hisup, yang d bagi dalam 3 bagian, yaitu : 1. Bagian orang tua (Parent), 2. Dewasa (adult), 3. Kanak-kanak (child)

Ø    Bagian orang tua ( Parent)11

-          Bagian parent dalam dirisesorang, berperasaan dan berperilaku seperti peran-peran orang tua (dalam arti sesungguhnya) dan ototritas lainnya.
-          Persepsi, perasaan dan reaksi-reaksi terhaap figur ini “terprogram” ke dalam kepribadian dan menjadi satu bagian yang permanen
-          Figur Parent : superioritas, otoritas, dan kepuaan maupun bersifat megasuh, mencela, ataupun menghakimi ( jangan, harus, ingat, awas, ...!!!dll)

Ø  Bagian Dewasa ( Adult )11
-          Merupakan dari diri manusia yang mengelolah persoalan dengan berpangkal pada data dan fakta
-          Bagian ini semacam “komputer” atau bagian yang mengolah data dan fakta untuk membuat keputusan yang rasional
-          Bagian dewasa bersifat objektif, suka berpikir, maatang secara emosional dan berdasarkan realitas

Ø  Bagian Kanak-kanak ( Child )11
-          Bagian Child memiliki perasaan dan pola perilaku seperti yang dimiliki seseorang dimasa kecil
-          Bagian Child mempunyai 2 sifat, yaitu : ‘wajar’ artinya dapat bertindak sendiri bebas dari pengaruh bagian orang tua dan ‘adaptive’ untuk memuaskan bagian orang tua dalam diri manusia tersebut
-          Sifat Child, bebas, immature, rasa ingin tahu besar, spontan, malu-malu, kadang penurut dan pasif, kadang tidak bertanggung jawab & pemberontak.

Dalam analisa transaksionil, dokter menampilkan anutan kanak, karena dia menampilkan emosi negtif( cemberut & tersinggung) di depan pasien. Sedangkan pasien sendiri menampilkan anutan orang tua, karena dia bertindak seperti mengetahui segala sesuatu.

4.     Hipotesis                         
Komunikasi Dokter-Pasien yang tidak efektif karena tidak adanya empati
5.     Sasaran Pembelajaran      
Komunikasi Dokter-Pasien
Analisa Transaksionil
Kepribadian




III     PENUTUP
Kesimpulan
Dalam kasus Dokter ini, Dokter memberikan pelayanan yang tidak memuaskan pasien, karena sikap kekanak-kanakkan dokter (memancarkan emosi negatif) dan juga komunkasi yang tidak berjalan secara baik.
Yang harus dilakukan dokter dan pasien adalah menciptakan sebuah komunikasi yang baik, yaitu komunikasi yang dibagun secara profesional dengan mengedepankan sikap terbuka serta saling memahami hak dan kewajiban masing-masing..


Daftar Pustaka

1 modul2007
1.      Guntar N, Salmon JS, Desriaman S, Willem S, William G, Judin PT. Who am I, Komunikasi Empati, Kom. Dokter-Pasien. Bahan Kuliah. Jakarta : FK UKRIDA ; 2007
2.      Baron, Byrne. Psikologi Sosial. Ed. 2. Jakarta: Erlangga.h. 111.
3.       Hodges, S.D., & Klein, K.J. Regulating the costs of empathy: the price of being human. Journal of Socio-Economics. 2001
4.      Andri, Dan H, Elly I, Evalina A, Hubertus KH. Komunikasi dan Empati. Bahan kuliah. Jakarta : FK UKRIDA ; 2011
5.      Komunikasi. Update 04 mei 2009. Diunduh pada 14 oktober 2011 dari : http://www.lusa.web.id/faktor-yang-mempengaruhi-komunikasi/
6.      faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-dalam-berkomunikasi. Diunduh pada 14 oktober 2011 dari :
massofa.wordpress.com/2008/03/26/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-dalam-berkomunikasi//
7.       Elias S, Soetjiningsih, wayan K, dkk . Modul komunikasi D-P :suatu pendekatan holistik. Jakarta : Peberbit buku kedok EGC ; 2007. Hal 7-8
8.       Robbins, Stephen P. Judge, Timothy A. Perilaku Organisasi. Ed.1 .Jakarta: Salemba Empat ;2008  Hal.126-127
9.       Kepribadian. Update  9 Juli 2011. Dalam Wikipedia, ensiklopedia bebas. Diambil jam 15:38, 14 oktober 2011 dari :
10.   Wade, C. Tavris, C. Psikologi . Ed. 2. Jakarta: Erlangga. 2008. hal. 194-204.

11.   Anallisa transaksional. Diunduh pada 14 oktober 2011 dari :




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar