16 tahun kegagalan.


Salah 1 hal penting untuk mencapai sebuah kesuksesan adalah sikap hati dalam menghadapi kegagalan. W. W. Ziege berkata "tidak ada yang dapat menghentikan orang yang punya sikap hati yang benar dalam meraih tujuannya; tetapi orang dengan sikap hati salah, tidak tertolong. Mencapai sebuah tujuan tidak selalu dicapai denagn mudah. Hampir bisa dipastikan, semua orang yang saat ini telah berhasil mencapai tujuan hidupnya juga pernah melalui banyak kegagalan dan rintangan.


Gambar diatas ini adalah petenis wanita bernama Virginia Weda. Dalam artikelnya, "How I won the Wimbledon", ia mengisahkan perjalanan panjang penuh kegagalan yang pernah ia alami sebelum menjadi menjadi juara Wimbledon dan salah 1 petenis wanita terbaik didunia. Bayangkan, sebelum kahirnya memenangi kejuaraan Wimbledon pertamanya, ia harus lebih dulu mengalami kegagalan selama 16 tahun! Menakjubkan bukan? Jarang ditemukan seorang yang bisa bertahan dan tetap punya keyakinan bahwa suatu saat bisa menjadi yang terbaik setelah gagal selama 16 tahun. Mengapa ia bisa tetap punya semangat seperti ini? Ia menjawab singkat, "Attitude".

Attitude bisa kita terjemahkan sebagai sikap hati. Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki sikap hati positif ketika mengalami kegagalan. Apalagi jika kegagalan itu sampai bertahun-tahun. Tetapi untuk sukses, sikap hati positif adalah salah satu syarat yang harus ada. Entah sudah berapa ratus kalipun kita mengalami kegagalan atau rintangan, jangan sampai membuat kita jatuh dan menyerah. 16 tahun perjuangan Virginia Wade jelas bukan waktu yang sebentar. Tapi, banyak orang yang sukses yang bahkan pernah merasakan kegagalan lebih lama dari itu. Tapi saat mereka gagal lagi, mereka belajar lagi, mencoba lagi, dan terus demikian. Sikap hati positif akan membuat kita tetap punya semangat belajar, termasuk belajar dari pengalaman.



* Seorang pemenang tidak hanya punya tujuan, tetapi ia juga tak pernah menyerah pada kegagalan! *

1 komentar:

  1. Semoga renungan ini bisa menjadi motivas buad teman2 semua :)

    BalasHapus